-->

Cara Mengatasi Bunyi Berdecit Pada Harddisk SATA

- Tuesday, July 18, 2017
advertise here
 InfoNegara
sumber : google image
     Mediasura - Beberapa hari yang lalu pc saya bermasalah, ditengah tengah pemakaian harddisk saya tiba tiba mengeluarkan bunyi berdecit yang mengakibatkan pc saya tidak bisa digunakan / hang.

     Awalnya saya mengira harddisk saya yang bermasalah, dan sempat putus asa karena data data pekerjaan saya hilang. Namun setelah saya cek dan compare dengan pc teman saya, ternyata masalah terdapat pada tegangan power supply saya yang tidak stabil.

     Di postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara mengatasi / troubleshooting  harddisk yang mengeluarkan bunyi berdecit.



Langkah Pertama.
Coba matikan PC anda lalu tunggu beberapa jam agar suhu PC anda menjadi dingin, lalu coba hidupkan kembali PC anda. Jika langkah ini tidak berhasil coba praktekan ke langkah kedua.

Langkah Kedua.
Switch konektor power psu yang menancap pada harddisk dan cd / dvd rom anda. kemungkinan ada konektor psu anda yang bermasalah.

Langkah Ketiga.
Jika belum berhasil kemungkinan daya power supply anda memang lemah, coba cabut konektor power yang menancap pada cd / dvd rom anda, dan pasang konektor power hanya pada harddisk.

Langkah Keempat.
Untuk lebih memastikan, compare power supply anda. Coba compare dengan power supply PC lain yang normal atau pinjam ke teman anda. Jika anda merasa mengcompare power supply terlalu ribet / merepotkan, anda bisa coba compare harddisk anda saja agar tidak perlu banyak membongkar konektor.

Jika keempat cara yang saya bagikan masih belum berhasil membuat harddisk anda normal, bisa dipastikan memang harddisk anda yang bermasalah. Solusinya coba anda searching di google atau youtube tentang cara memperbaiki harddisk yang rusak, dan bila tetap gagal terpaksa anda harus membeli harddisk baru dan anda harus ikhlas data data anda hilang.
Advertisement advertise here

2 komentar

avatar

Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,,

https://bangamingadget.com/hardisk-bunyi/

yuk sharing ilmuu

Terima Kasih

 

Start typing and press Enter to search