-->

Google News Initiative, Upaya Google Memerangi Berita Palsu

- Tuesday, May 08, 2018
advertise here
 InfoNegara

MSura - Google News Initiative, Upaya Google Memerangi Berita Palsu

     Mediasura - Google News Inisiaive adalah upaya Google mendukung industri media guna melawan informasi keliru. Hal serupa telah dilakukan sebelumnya di Eropa, namun langkah ini ditujukan secara luas di seluruh dunia.


     Google News Initiative memiliki tiga tujuan spesifik, hal tersebut adalah:

  • Memprioritaskan jurnalisme yang akurat sambil memerangi informasi yang keliru.
  • Membantu situs berita untuk terus tumbuh dari perspektif bisnis.
  • Membuat berbagai tool baru untuk membantu jurnalis melakukan pekerjaan mereka.

     Keseriusan Gogle mendukung tujuan ini melalui janjinya untuk menginvestasikan US$300 juta (sekitar Rp4 triliun) selama tiga tahun ke depan. Menurut Google, mereka bekerja untuk melatih sistemnya agar lebih baik dalam mengenali berita yang kontroversial dan menyesuaikan diri untuk menampilkan hasil yang lebih akurat.

     Google juga aktif bekerja sama untuk memerangi berita palsu, salah-satunya dengan Fist Draft, dan meluncurkan Disinfo Lab untuk memerangi berita palsu selama pemilu. Lalu Poynter Institute, Univesitas Stanford dan Asosiasi Media Lokal yang kemudian meluncurkan MediaWise bagi pembaca muda untuk meningkatkan literasi media digital.

     Google juga mengumumkan fitur baru bernama Outline, alat open-source yang memudahkan organisasi berita membuat VPN bagi jurnalis dan memberi mereka akses yang lebih aman selama mengakses internet.
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search