-->

Kelebihan Dan Kekurangan Monitor LCD

- Sunday, September 16, 2018
advertise here
 InfoNegara

MSura - Kelebihan Dan Kekurangan Monitor LCD

     Mediasura - Monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpencar. Karena mempunyai bentuk yang pipih, monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portable. Selain itu, pada LCD brightness ratio-nya telah menyentuh angka 350 : 1.

     Cara Kerja Monitor LCD yaitu kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus spektrum cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus spektrum cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar.

     LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup ini berlangsung sangat cepat. Karena itulah ada istilah Response Time di LCD. Response Time adalah waktu yang diperlukan untuk berubah dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu menampilkan warna putih). Jadi semakin cepat response time maka semakin baik. Response Time yang lambat akan menimbulkan cacat gambar yang disebut ghosting atau jejak gambar. Biasanya pada objek yang bergerak cepat misal sedang memutar film akan menimbulkan jejak gambar seperti beberapa bujur sangkar yang terlihat seperti persegi.

Kelebihan LCD

    - Karakter Bright yang nyaman dimata serta bebas distorsi
    - Tidak bergantung pada refreshrate
    - User Friendly
    - Hemat Listrik
    - Ukuran yang ringkas, ringan, serta lebih keren

Kekurangan LCD

    - Viewing angle terbatas, colour depth terbatas dan gradasi warna kurang
    - Tampilan gambar baik hanya di resolusi native-nya
    - Response time dan ghosting
    - Warna kurang akurat
    - Harga lebih mahal, perlu perawatan ekstra hati-hati dan dead pixel
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search