-->

Mengenal Lebih Jauh Monitor Tabung / CRT

- Sunday, September 16, 2018
advertise here
 InfoNegara

MSura - Mengenal Lebih Jauh Monitor Tabung / CRT

     Mediasura - Monitor Tabung / CRT (Cathode Ray Tube) merupakan monitor yang disusun dengan mengunakan tabung sinar katode, yang lebih dapat dikenal dengan bentuknya besar.


     CRT merupakan monitor tabung dimana terdapat tabung yang berisi elektron sehingga bisa digunakan untuk melihat gambar dan juga menciptakan gambar. Sinar katoda yang memiliki kecepatan tinggi menghasilkan tampilan pada monitor CRT. Setelah itu pancaran yang dihasilkan oleh sinar elektron membentuk pola yang berada pada layar. Monitor ini harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan monitor-monitor lainnya.

     Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.

     Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.

     Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.

Kelebihan CRT:

    - Warna lebih akurat atau hampir sama dengan aslinya
    - Resolusi monitor fleksibel
    - Perawatannya mudah, jika rusak dapat diservis
    - Harga lebih murah

Kekurangan CRT:

    - Konsumsi listrik lebih besar
    - Efek radiasi lebih besar
    - Dimensi besar dan berat

diolah dari berbagai sumber
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search