-->

Ayo Jadi Customer Yang Cerdas

- Saturday, September 22, 2018
advertise here
 InfoNegara

MSura - Ayo Jadi Customer Yang Cerdas

     Mediasura - Consumen / Customer / Pelanggan adalah orang atau sekelompok orang yang merupakan pengguna akhir produk atau jasa yang dihasilkan dalam suatu sistem sosial. Dari kedua pengetian diaatas sudah bisa menerangkan apa arti dari masing-masing hal tersebut. Pelanggan bukanlah hanya terkait dengan membeli produk dan layanan saja.


     Nah ternyata di era modern sekarang ini masih ada beberapa customer yang tidak mempunyai pemahaman yang bagus. Meskipun banyak yang bilang customer adalah raja, tapi ada baiknya juga para customer ini menghargai dan mencoba mengerti pekerjaan orang lain. Nah bagaimana cara menjadi customer yang baik dan cerdas?

1. Budayakan Antri
     Antri adalah salah satu hal yang penting, dengan ikut antri kamu sama saja menghargai customer lain yang datang lebih dahulu. Indah kan kalo kita bisa saling menghargai?

2. Teliti Sebelum Membeli
     Ada baiknya kita sebagai customer sebelum membeli suatu produk / barang seharusnya kita survey dulu dari harga, kualitas, perawatan, serta garansinya. Tanyakan dengan jelas produk yang akan kamu beli kepada penjual. Jangan asal beli terus tiba tiba komplain ya.

3. Kalo menawar jangan ngawur
     Menawar memang hak semua customer, cuma kita juga harus bisa kira kira bro. Itu penjual ngejual barang juga pengen dapat untung. Jangan sampe harga 100.000 ditawar jadi 10.000 yak :v, Tanya dengan sopan juga kalo bisa. Contoh "ada diskon ga?" / "Pasnya berapa?" "xxxxx Boleh?".

4. Ikuti Prosedur
     Teruntuk customer jasa ini perlu digaris bawahi ya, jika kamu ingin menggunakan jasa orang / perusahaan, Ikuti prosedur perusahaan tersebut dan usahakan jangan semaunya sendiri. Jika tidak cocok dengan prosedur mereka kan kamu bisa pakai penyedia jasa yang lain?

5. Komplain
     Setiap customer berhak komplain jika barang atau jasa yang digunakan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, tapi yang perlu digaris bawahi disini, komplainlah dengan tepat. Maksudnya disini adalah jangan asal komplain. Komplainlah di orang yang tepat, Jangan di pegawai yang tidak tau apa apa ya.

     Sekian tips tips dari Mediasura agar kita sama sama belajar jadi customer yang baik untuk bisa saling menghargai. Dan untuk para penyedia layanan dan jasa bisa lebih meningkatkan kualitasnya seiring perkembangan teknologi yang ada. Terimakasih atas kunjunganya.
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search